Sosialisasi Mata Pelajaran Pilihan - SMKN 9 Semarang

Sosialisasi Mata Pelajaran Pilihan - SMKN 9 Semarang

Sosialisasi Mata Pelajaran Pilihan (MPP)

SMK Negeri 9 Semarang | Implementasi Kurikulum Merdeka

Zuhdan Kamal Abdillah - WKS 1 Bidang Kurikulum

Sesuai amanat Kurikulum Merdeka dan persiapan Tes Kemampuan Akademik (TKA) di kelas XII, siswa perlu memilih Mata Pelajaran Pilihan (MPP) untuk Tahun Ajaran 2026/2027. Total alokasi adalah 4 Jam Pelajaran (JP), dimana 2 JP akan dialokasikan berdasarkan minat karier dan rencana masa depan siswa.

1. Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi

MPP akan menjadi Mata Pelajaran Pendukung untuk program studi (jurusan) yang dituju. Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), nilai rapor MPP menjadi komponen penilaian utama.

Keselarasan antara MPP di rapor dengan program studi pilihan menentukan peluang keberhasilan seleksi.

2. Persiapan Bekerja atau Wirausaha

Bagi siswa yang akan langsung bekerja atau berwirausaha, MPP dapat menunjang kemampuan spesifik yang dibutuhkan di dunia kerja.

Contoh: Memilih mata pelajaran Ekonomi dapat menjadi bekal langsung untuk memulai usaha atau bekerja di bidang terkait.

Poin Penting

Pencantuman MPP di rapor bukan sekadar formalitas, melainkan sebuah rekaman akademis strategis yang akan digunakan sebagai dasar pertimbangan di masa depan.

Struktur Kurikulum

Berikut adalah gambaran struktur kurikulum yang berlaku sebagai konteks dari Mata Pelajaran Pilihan:

Komentar

  1. Langkah positif menuju sistem pendidikan yang lebih adil dan berbasis data

    BalasHapus
  2. Sebagai alat evaluasi yang berguna untuk mengukur kesiapan akademik dan potensi siswa dalam bidang studi yang membutuhkan pemahaman kuat akan kerangka hukum dan kebijakan

    BalasHapus
  3. Cenderung berfokus pada sifatnya yang mengukur kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan dasar yang relevan dengan bidang studi

    BalasHapus
  4. Instrumen evaluasi yang objektif dan terstandar untuk mengukur capaian akademik siswa

    BalasHapus
  5. Langkah maju dalam upaya perbaikan sistem asesmen nasional, namun pelaksanaannya masih perlu dievaluasi untuk mengatasi berbagai tantangan dan kekhawatiran, terutama yang berkaitan dengan potensi beban pada siswa dan isu teknis

    BalasHapus
  6. Inisiatif positif yang memberikan data berharga untuk peningkatan mutu pendidikan dan memberikan kesempatan yang adil bagi siswa, meskipun ada juga diskusi dan pertanyaan seputar pelaksanaannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRYOUT TKA Ekonomi | Uji Dirimu: 40 Soal TKA Ekonomi 80 Menit | Pembahasan Soal TKA Ekonomi SMA/SMK