Sosialisasi Mata Pelajaran Pilihan - SMKN 9 Semarang
Sosialisasi Mata Pelajaran Pilihan (MPP)
SMK Negeri 9 Semarang | Implementasi Kurikulum Merdeka
Zuhdan Kamal Abdillah - WKS 1 Bidang Kurikulum
Sesuai amanat Kurikulum Merdeka dan persiapan Tes Kemampuan Akademik (TKA) di kelas XII, siswa perlu memilih Mata Pelajaran Pilihan (MPP) untuk Tahun Ajaran 2026/2027. Total alokasi adalah 4 Jam Pelajaran (JP), dimana 2 JP akan dialokasikan berdasarkan minat karier dan rencana masa depan siswa.
1. Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi
MPP akan menjadi Mata Pelajaran Pendukung untuk program studi (jurusan) yang dituju. Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), nilai rapor MPP menjadi komponen penilaian utama.
Keselarasan antara MPP di rapor dengan program studi pilihan menentukan peluang keberhasilan seleksi.
2. Persiapan Bekerja atau Wirausaha
Bagi siswa yang akan langsung bekerja atau berwirausaha, MPP dapat menunjang kemampuan spesifik yang dibutuhkan di dunia kerja.
Contoh: Memilih mata pelajaran Ekonomi dapat menjadi bekal langsung untuk memulai usaha atau bekerja di bidang terkait.
Poin Penting
Pencantuman MPP di rapor bukan sekadar formalitas, melainkan sebuah rekaman akademis strategis yang akan digunakan sebagai dasar pertimbangan di masa depan.
Struktur Kurikulum
Berikut adalah gambaran struktur kurikulum yang berlaku sebagai konteks dari Mata Pelajaran Pilihan:
Kepmendikdasmen No. 102/M/2025
Landasan utama pemilihan MPP adalah regulasi SNBP. Berikut adalah poin penting dari regulasi tersebut yang relevan dengan pemilihan MPP di SMK:
Dokumen Regulasi (Pratinjau):
Informasi Tambahan Tes Kemampuan Akademik (TKA)
Untuk memahami lebih lanjut mengenai struktur dan materi Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang menjadi salah satu acuan, Bapak/Ibu dapat mengunjungi portal resmi Pusmendik.
Kunjungi Portal TKA-
1. Pemetaan Minat Karier
Pengisian kuesioner Pemetaan Minat Karier oleh siswa kelas XI untuk mendapatkan data awal.
-
2. Sosialisasi & Penyelarasan
Penyampaian informasi kepada orang tua/wali dan guru mengenai pentingnya, mekanisme, dan implikasi dari pemilihan MPP.
-
3. Pemilihan Final MPP oleh Siswa (Didampingi Ortu)
Siswa didampingi orang tua/wali mengisi Google Formulir (tautan
s.id/pemilihanmpp-smk9) untuk menentukan pilihan final. -
4. Penentuan Kelas & Implementasi
Sekolah menentukan kelas MPP yang dibuka (berdasarkan kuota min. 21 siswa) dan implementasi KBM dimulai.
Ketentuan Pemilihan MPP
- Siswa wajib memilih satu mata pelajaran pilihan di luar mata pelajaran pilihan wajib (PKK, PKn, dan Sejarah).
-
Mata Pelajaran Yang Ditawarkan:
- Ekonomi (Peminat: 55.17%)
- Matematika TL (Peminat: 6.32%)
- Bahasa Indonesia TL (Peminat: 3.16%)
- Bahasa Inggris TL (Peminat: 3.45%)
- Fisika (Peminat: 1,32% )
- Syarat Pembukaan Kelas: Kelas akan dibuka jika peminat lebih dari atau sama dengan 21 siswa.
- Ketersediaan Guru: Pembukaan kelas juga akan menyesuaikan ketersediaan bidang studi dari guru yang ada di SMKN 9 Semarang.
- Satu Kali Pengisian: Jika mengirim formulir lebih dari satu kali, pilihan yang diakui adalah pengisian yang pertama kali diterima.
- Sanksi Tidak Memilih: Siswa yang tidak mengisi formulir hingga batas waktu, penempatan kelas MPP-nya akan ditentukan oleh sekolah sesuai kuota yang ada.
Hasil Pemetaan Minat Karier
Berikut adalah hasil pemetaan minat karier (Total 348 Siswa) yang dilakukan pada 24 Oktober 2025, yang menjadi dasar penentuan kelas MPP.
Catatan: "Mata Pelajaran Lainnya" (24.98%) mencakup semua mapel dengan peminat di bawah 10% (Matematika, Sejarah, B.Inggris, B.Indo, Biologi, PKK, Sosiologi, dll).
Contoh Penerapan (Simulasi)
Berikut adalah simulasi alokasi kelas MPP jika dilaksanakan pada hari Selasa, jam ke-1 dan 2, dengan asumsi jumlah peminat telah memenuhi kuota per kelas.
Simulasi Alokasi Ruang (Selasa, Jam 1-2)
| R1 | R2 | R3 | R4 | R5 | R6 |
|---|---|---|---|---|---|
| EKO 1 | EKO 2 | EKO 3 | IND | ING | MTK |
| 30 siswa | 35 siswa | 35 siswa | 30 siswa | 25 siswa | 25 siswa |
Simulasi Sebaran Pilihan Siswa per Kelas
| Kelas Asal | Pilihan Ekonomi | Pilihan Matematika | Pilihan B. Inggris | Pilihan B. Indonesia |
|---|---|---|---|---|
| XII MPLB 1 | 24 | 3 | 4 | 6 |
| XII MPLB 2 | 16 | 7 | 6 | 6 |
| XII MPLB 3 | 22 | 5 | 7 | 3 |
| XII PM 1 | 18 | 2 | 3 | 9 |
| XII PM 2 | 20 | 8 | 5 | 6 |
Silakan akses tautan-tautan berikut untuk informasi lebih lanjut dan pengisian formulir.
Panduan Tambahan
Dokumen panduan tambahan terkait Mata Pelajaran Pilihan:
Langkah positif menuju sistem pendidikan yang lebih adil dan berbasis data
BalasHapusSebagai alat evaluasi yang berguna untuk mengukur kesiapan akademik dan potensi siswa dalam bidang studi yang membutuhkan pemahaman kuat akan kerangka hukum dan kebijakan
BalasHapusCenderung berfokus pada sifatnya yang mengukur kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan dasar yang relevan dengan bidang studi
BalasHapusInstrumen evaluasi yang objektif dan terstandar untuk mengukur capaian akademik siswa
BalasHapusLangkah maju dalam upaya perbaikan sistem asesmen nasional, namun pelaksanaannya masih perlu dievaluasi untuk mengatasi berbagai tantangan dan kekhawatiran, terutama yang berkaitan dengan potensi beban pada siswa dan isu teknis
BalasHapusInisiatif positif yang memberikan data berharga untuk peningkatan mutu pendidikan dan memberikan kesempatan yang adil bagi siswa, meskipun ada juga diskusi dan pertanyaan seputar pelaksanaannya
BalasHapus